Senin, 27 Mei 2013

TREVALLY


Giant trevally, ignobilis Caranx atau GT, adalah salah satu spesies ikan laut besar, GT hidup di seluruh perairan tropis di wilayah Indo-Pasifik, dengan cakupan yang membujur dari Afrika Selatan di sebelah barat ke Hawaii di timur, termasuk Jepang di utara, selatan Australia, Asia Tenggar termasuk Indonesia.
Ikan ini mempunyai ciri kepala curam, sebuah sisik tebal, ekor kuat dan biasanya berwarna keperakan, tapi sebagian ada pejantan yang berwana hitam setelah mereka dewasa, sedangkan betina berwarna abu-abu keperakan. Pada ukuran kurang dari 50. Cm, GT berwarna keperakan abu-abu, dengan kepala dan tubuh bagian atas sedikit lebih gelap.


Ini adalah ikan terbesar dan dapat tumbuh dengan ukuran maksimum 170 cm dan berat 80 kg. GT hidup pada berbagai lingkungan laut, dari muara sampai teluk dangkal dll, dan ikan muda cenderung lebih suka air keruh. GT adalah predator dan lebih suka mencari mangsa secara individual. Cumi dan ikan-ikan kecil menjadi makanan utama ikan ini.ikan ini berkembang relatif cepat, mencapai kematangan seksual pada panjang sekitar 60 cm pada usia 3 tahun.

Di Australia, ikan ini disebut sebagai 'ulua' Sedangkan di Indonesia umumnya disebut ikan kuwe. Ada beberapa jenis ikan yang umum di Indonesia , antara lain kuwe gerong, kuwe lilin, kuwe rambut, kuwe mata besar, kuwe ekor kuning, kuwe ekor biru dll. Ikan ini sejatinya adalah ikan perairan berkarang dangkal dan berbatasan dengan laut terbuka dan sering menjadi target pemancing dengan tehnik poping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar